KEUANGAN MIKRO DAN MODAL SOSIAL



MODAL SOSIAL adalah bagian organisasi sosial, seperti kepercayaan, norma-norma, dan jaringan , yang memperbaiki efisiensi masyarakat dengan memfasilitasi tindakan terkoordinasi (Putnam, 1993: 169)
Keuangan mikro artinya membangun

sistem keuangan untuk melayani masyarakat miskin. Keuangan mikro juga berarti instrumen yang berdaya guna untuk melawan kemiskinan. Keuangan mikro banyak digunakan di negara berkembang karena orang miskin merupakan mayoritas luas dari penduduk di kebanyakan negara berkembang. Keuangan mikro memungkinkan rumahtangga berpendapatan rendah untuk beralih dari sekedar perjuangan untuk bertahan hidup dari hari ke hari menuju perencanaan masa depan, investasi untuk gizi yang lebih baik, peningkatan kondisi kehidupan, serta peningkatan kesehatan dan pendidikan. Praktek keuangan mikro merujuk pada jasa keuangan yang disediakan oleh pemerintah, LSM, atau bank untuk membantu masyarakat miskin. Contohnya adalah Grameen Bank di Bangladesh yang didirikan oleh Muhammad Yunus, peraih penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2006.
Grameen Bank memberikan kredit kepada masyarakat miskin di ribuan desa di Bangladesh. Para peminjam memakai kredit untuk memulai usaha kecil. Setelah usaha mereka lancar mereka dapat mengajukan kredit lain untuk membangun rumah dan membiayai sekolah anak mereka. Khusus bagi para pengemis, Grameen Bank menyediakan kredit tanpa bunga. Mereka diberi ide agar membawa barang seperti makanan, mainan dan kebutuhan rumah tangga saat mereka meminta-minta dari rumah ke rumah. Lebih dari 90.592 pengemis ikut program ini. Pinjaman untuk mereka biasanya sekitar Rp 120.000. Untuk memastikan bahwa peminjam mengembalikan pinjaman mereka, Grameen bank mewajibkan mereka membentuk kelompok. Misalnya, seorang staf Grameen Bank menawarkan kredit kepada satu orang miskin. Setelah orang itu tertarik, ia diminta mencari empat teman lain yang ia percaya. Ketika kelompok telah terbentuk, dilakukan pelatihan selama 7 hari berturut-turut tentang kebijakan bank, kemudian dilanjutkan ujian lisan terhadap tiap-tiap anggota. Setelah mereka lulus ujian, barulah kredit pertama dikucurkan kepada dua orang anggota. Jika pinjaman ini dibayar secara teratur selama enam minggu berikutnya, dua anggota yang lain boleh mengajukan pinjaman Sistem kelompok ini efektif mencegah kelalaian karena setiap pinjaman harus disetujui semua anggota kelompok. Tiap anggota ikut bertanggung jawab terhadap pinjaman rekannya. Dibuat juga mekanisme sanksi, yaitu jika seseorang tidak mampu atau tidak mau membayar kembali pinjamannya, kelompoknya dianggap tidak layak memperoleh kredit yang lebih besar pada tahun berikutnya sampai masalah pembayaran ini ditanggulangi.
HUBUNGAN KEUANGAN MIKRO DENGAN MODAL SOSIAL
Orang miskin bisa memanfaatkan modal sosial ( norma, jaringan, dan kepercayaan ) untuk keluar dari kemiskinan. Masyarakat miskin dapat mengaktifkan modal sosial yang dimilkki dengan cara masuk ke dalam jaringan sosial dalam bentuk lembaga keuangan mikro.
Menurut Nan Lin, modal sosial seseorang tertanam di dalam jaringan sosial. Ia harus masuk atau menjadi bagian dari jaringan sosial itu jika ia ingin memanfaatkan atau mengaktifkan modal sosialnya. Di Grameen Bank, ketika belum bergabung atau belum menjadi anggota kelompok, orang miskin belum mengakses modal sosialnya. Ia belum meng-investasikan modal sosialnya ke dalam kelompok peminjam. Orang miskin wajib membentuk kelompok untuk mengajukan pinjaman. Kelompok berjaringan dengan sentra, yaitu gabungan kelompok tingkat desa dengan jumlah maksimal 8 kelompok. Sentra di tingkat desa berjaringan langsung dengan Grameen Bank.
Modal sosial adalah sumber daya yang tertanam di dalam jaringan sosial seseorang (Nan Lin, 2008:51). Orang miskin mengakses sumber daya mereka ke dalam kelompok ini. Untuk membentuk kelompok, peminjam harus mengajak temannya yang dipercaya. Dalam proses pinjaman dan pencicilan juga dibutuhkan kepercayaan antar anggota maupun antara kelompok dengan Grameen Bank agar peminjaman selanjutnya dapat berjalan. Berarti ia mengaktifkan modal sosial dalam bentuk kepercayaan dari anggota lainnya.




0 komentar:

Posting Komentar