MUSEUM SUBAK, BALI

Museum Subak merupakan sebuah museum khusus tentang pertanian di Bali yang dikenal dengan istilah Subak,yang menyimpan alat/peralatan dan benda-benda yang ada kaitannya dengan usaha tani serta kehidupan subak. Museum ini terletak di Desa Sanggulan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Kabupaten Tabanan sendiri merupakan wilayah yang mempunyai subak terbanyak dan terluas arealnya di Bali sehingga sering disebut sebagai lumbung berasnya Bali. Museum Subak diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali pada tanggal 13 Oktober 1981. Museum ini terdiri dari bangunan museum induk dan museum terbuka.
Museum induk terdiri dari :
1.      Bangunan atau komplek suci dengan Padmasana, Bedugul, dan lainnya. Tata ruang dan letak dari bangunan-bangunan dimaksud disesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya dengan mengikuti pola pembangunan tradisional : Tri Mandala, Tri Angga, dan Asta Kosala Kosali.
2.      Bangunan utama terdiri dari dua gedung, yaitu :
- Gedung administrasi yang merupakan pusat informasi dan perpustakaan.
- Gedung pameran. Barang yang dipamerkan/dipajangkan di Museum Subak menyangkut barang/alat pertanian yang digunakan oleh para petani di dalam mengerjakan sawahnya yang meliputi proses: Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan yang sangat erat kaitannya dengan kegiatan di subak.
Museum terbuka yang diwujudkan sebagai “Subak Mini” yang dipakai sebagai peragaan kegiatan Subak mulai system irigasi sampai proses kegiatan petani di sawah.
Tujuan didirikannya Museum Subak adalah sebagai berikut:
a.       Menggali dan menghimpun berbagai benda dan data yang berkaitan dengan subak, termasuk yang mempunyai nilai sejarah serta menyuguhkan sebagai sarana study/penelitian.
b.      Menyelamatkan, mengamankan, dan memelihara berbagai benda yang berkaitan dengan subak.
c.       Menyuguhkan berbagai bahan informasi dan dokumentasi serta merupakan media pendidikan tentang subak.
d.      Tempat rekreasi/obyek pariwisata.
Jam kunjungan Museum Subak :
Hari Senin s/d Sabtu   : Jam 08.00-16.30 Wita.
Kecuali Hari Jumat     :  Jam 08.00-12.30 Wita.
Hari Minggu dan Libur resmi tutup dengan catatan masih bisa diterima sepanjang ada pemberitahuan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar