PERANAN MEDIA MASSA DALAM MASYARAKAT

 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, media berarti sarana atau alat, media massa berarti sarana komunikasi bagi masyarakat bisa berupa koran, majalah, tv, radio, internet, telepon, dsb. Media cetak yaitu alat komunikasi massa yang diterbitkan dalam bentuk cetakan seperti koran atau majalah. Media elektronik berarti media yang berupa elektronik seperti tv dan radio ( Fajri & Senja, 2003:557). Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002).
Media massa terdiri dari media cetak, media elektronik, dan media online. Media cetak itu seperti koran, majalah, suratkabar, tabloid, buku, dsb. Media elektronik yaitu tv, radio, dan film. Media online adalah informasi yang kita dapat melalui internet(cyber).
 A.Peranan Media Massa
Denis McQuail (1987) mengemukakan sejumlah peran yang dimainkan media massa selama ini, yakni :
1.Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan / promosi.
2.Sumber kekuatan : alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
3.Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
4.Wahana pengembangan kebudayaan : tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
5.Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.
B.Fungsi Media Massa
Fungsi media massa sejalan dengan fungsi komunikasi massa sebagaimana dikemukakan para ahli sebagai berikut:
1.Harold D. Laswell:
1.Informasi (to inform)
2.Mendidik (to educate)
3.Menghibur (to entertain)
2.Wright:
1.Pengawasan (Surveillance), terhadap ragam peristiwa yang dijalankan melalui proses peliputan dan pemberitaan dengan berbagai dampaknya.
2.Menghubungkan (Correlation), mobilisasi massa untuk berpikir dan bersikap atas suatu peristiwa atau masalah.
3.Transmisi Kultural (Cultural Transmission), pewarisan budaya, sosialisasi.
4.Hiburan (Entertainment).
3.De Vito:
1.Menghibur
2.Meyakinkan
3.Menginformasikan
4.Menganugerahkan
5.Membius
6.Menciptakan rasa kebersatuan
C.Pengaruh Media Massa terhadap Masyarakat
Media massa mempunyai peran dan fungsi sehingga media massa dapat member pengaruh terhadap masyarakat, baik pengaruh negatif maupun positif. Dari segi negatif, misalnya iklan rokok yang menarik akan membuat anak-anak yang melihatnya tertarik untuk mengonsumsi rokok. Acara-acara TV yang isinya menggunakan tipuan mata, aksi, atau hal-hal yang ekstrem member dampak buruk bagi penonton yang mungkin akan menirunya. Seperti tayangan sportainment di salah satu stasiun TV swasta beberapa tahun lalu yang sempat heboh karena ditiru oleh anak-anak yang berakibat adanya kematian dan kecelakaan. Terkadang juga masih banyak media-media yang menampilkan gambar-gambar atau berita yang terlalu vulgar (porno). Pemberitaan media yang salah juga dapat mempengaruhi perspektif masyarakat terhadap suatu masalah yang dibahas. Media massa merupakan sarana yang besar pengaruhnya terhadap masyarakat. Meskipun tidal semua berita dari media itu benar 100%.
Sedangkan dari sisi positifnya media massa mempengaruhi masyarakat adalah misalnya sebagai media sosialisasi yang paling efektif. Media massa juga membuat aspirasi mayarakat lebih mudah tersampaikan dengan banyaknya rubrik opini di berbagai media cetak. Bakat-bakat masyarakat khusunya anak muda juga lebih banyak diekspos oleh media massa sehingga mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat lain. Media massa juga membuat masyarakat di daerah lain yang jauh mengetahui informasi atau berita dari suatu daerah yang berbeda. Pengetahuan masyarakat juga semakin luas dengan adanya media massa. Dengan banyaknya media massa juga membantu dengan terciptanya banyak lapangan kerja seperti jurnalis, penjual koran, dll.

0 komentar:

Poskan Komentar